Breaking

Sabtu, 16 November 2019

Pengalaman Rekrutmen PT PINDAD (Persero)

Perusahaan dengan label Badan Usaha Milik Negara atau biasa disingkat BUMN tentunya menjadi daya tarik bagi setiap orang untuk bisa bekerja pada perusahaan tersebut. Dari mulai remaja, orang dewasa, fresh graduate, maupun karyawan swasta yang sudah berpengalaman, akan sangan tertarik untuk bisa bergabung di salah satu perusahaan yang berlabel BUMN.
Tidak terkecuali saya sendiri hehehehe... (berhubung saya kan masih remaja..,wkwkwk), kesempatan adanya lowongan pekerjaan di perusahaan BUMN tentu tidak akan saya lewatkan. Daaaaa......aan pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai pengalaman saya mengikuti tahapan seleksi di salah satu perusahaan BUMN di kota Bandung yaitu PT PINDAD (Persero). Oke let's check the journey...
1. Registrasi dan Pengisian Berkas Administrasi
Jumat, 23 Agustus 2019, saya mendapatkan informasi mengenai adanya lowongan di PT PINDAD (Persero) melalui group WA alumni. Tanggal 26 Agustus 2019, saya mulai melakukan registrasi di Web Karir Pindad 

2. Pengumuman Lolos Administrasi
Jumat, 13 September 2019, alhamdulillah setelah menunggu 2 minggu lamanya, dapat email dari email tim career Pindad, lolos tahap administrasi (Tak disangka tak dinyana, ternyata bisa lolos juga...hihihi...). Di email di informasikan kita harus login ulang ke Web Karir Pindad untuk konfirmasi di tanggal 14 September 2019 dan bisa mengikuti Tes Potensi Akademik pada tanggal 15 September 2019 secara online. Dan setelah di cek tanggal 15 September 2019 itu hari Minggu dongsss... Enak juga tes nya, sudah online hari Minggu pula. Hahaha

3. Tes Potensi Akademik
Minggu, 15 September 2019, keringat dingin dari pagi, deg-degan, bingung belajar apa, bingung mau hafalin apa, yang paling bingung nyari wifi gratisan dimanaaaaaa....... hahahaha.
Akhirnya setelah sharing dengan istri, sepakat kita coba cari wifi gratisan di daerah Antapani. Modal 100 ribu dapet makanan dan bisa wifian sekaligus kerjain Tes Online, mantep kaan. (Dasar fakir wifi...haha). Oke oke lanjut ke isi tes nya, sama seperti tes potensi akademik pada umumnya, allhamdulillah pusing hihihi, isi soalnya hitungan, padanan kata, sinonim, penarikan kesimpulan dan sejenisnya. Saran saya hanya satu, sering-sering baca-baca dan latihan contoh-contoh soal, kan banyak tuh referensinya, ada di internet, ada juga yang sudah dalam bentuk buku, asli berguna banget. Karena nantinya kita akan terbiasa dengan pola soal-soal untuk tes potensi akademik.
Waktu yang diberikan cukup panjang sekitar 2 jam an, dan lumayan menguras otak. Untungnya ditemani istri tercinta jadi waktu 2 jam alhamdulillah tidak terasa, tidak terasa banyak soal yang kelewat maksudnya....wkwkwkwkw. Tapi so far, cukup memuaskan dan tinggal menyerahkan semuanya kepada Allah Swt dan tidak lupa selalu berdoa. hehehehe.

4. Tes Psikologi
Jumat, 27 September 2019, dapat email konfirmasi lolos tahap tes potensi akademik dan diundang untuk mengikuti Tes Psikologi online, amaziinggg....padahal sudah hopeless dan tidak terlalu berharap lebih karena tes sebelumnya banyak yang ngga di isi.hehehehe. Tapi alhamdulillah berkat doa dan usaha akhirnya bisa lanjut ke tahap selanjutnya. Di email pemberihatuan kita akan diberikan informasi mengenai tanggal tes, jam, link web, akun dan password yang harus digunakan ketika login. Berbeda dengan tes sebelumnya, kali ini kita harus mengakses web yang berbeda dari tes sebelumnya. Sesuai intruksi di email kita harus mengakses Web Assesment , dan web tersebut hanya bisa di akses pada jam yang telah ditentukan, kebetulan waktu itu jadwal saya adalah Hari Sabtu, 28 September 2019 jam 09.00 - 12.00. Sesi tes terbagi menjadi 11 sesi, banyak bangeeeetttt...huhuhu. Setiap sesi tes kita akan mengerjakan soal dengan batas waktu yang telah di tentukan, sebisa mungkin kita harus bisa menjawab dengan cepat karena waktu yang diberikan setiap sesi tes bisa dibilang cukup singkat. Isi tes nya sepeti tes psikologi pada umumnya, mencocokan gambar, mencari lanjutan gambar, lalu ada sesi hitungan juga, tapi kebanyakan lebih ke visualisasi dalam bentuk gambar sih.

5. Job Interview
Rabu, 09 Oktober 2019, dapat email konfirmasi lolos tahap tes psikologi. Rasa tidak percaya menghinggapi benakku ceile...hahaha. Alhamdulillah sangat bersyukur bisa lolos sampai sejauh ini. Lanjut ke isi email nya, info di email tahap selanjutnya ada 3 tahap. Kurang lebih seperti ini infonya :
Sumber : Pribadi

Tahap awal setelah lolos tes psikologi adalah job interview, sedikit heran juga, langsung job interview aja, dikira bakalan langsung keterima hahahaha. Jadwal job interview saya adalah tanggal Rabu. 16 Oktober 2019 jam 09.30 - 10.15. Jam 09.15 saya sampai di depan ruang panitia dan langsung di arahkan ke kelas F (yang job interview banyak banget, soalnya dibagi-bagi kelas, dari A - G kalo ga salah, dan sepertinya tiap kelas dibagi berdasarkan jurusan/fokus perkuliahan). Jam 09.30 saya dipanggil ke ruang kelas F  oleh panitia di dalam. Waktu pemanggilan sesuai di jadwal, salut juga buat panitia dan pewawancara nya karena bisa tepat waktu. Di dalam ruangan ada 3 orang, 1 orang dari bagian PPIC, 1 orang bagian QC dan 1 lagi dari tim HR. Sesuai dengan perkiraan saya, pada interview ini kita akan di tanya pengalaman kerja kita (bagi yang sudah bekerja), motivasi kerja kita seperti apa, lalu masalah-masalah yang pernah dihadapi, pemecahannya seperti apa, lalu kita akan ditanya jika ditempatkan dibagian lain yang tidak sesuai minat responnya seperti apa, ya sekitar pengalaman dan rencana ke depan jika diterima sih, alhamdulillah 3 interviewernya baik-baik dan ramah juga, yang awalnya tegang akhirnya bisa rileks sedikit-sedikit. Akhirnya jam 10.15 interview beres dan alhamdulillah berjalan lancar.

6. Pengisian Data Clearance Test dan Wawancara Clearance Test
Setelah job interview selesai, tahap selanjutnya adalah pengisian data clearance test tepat 1 hari setelah job interview yaitu Kamis, 17 Oktober 2019 jam 08.00 - 12.00. Sebelum bisa melewati tahap ini, wajib pastikan semua persyaratan yang diminta lengkap karena pasti akan bermasalah jika kita tidak lengkapi berkas yang diminta, berikut adalah berkas-berkas yang diminta :
Dokumen yang wajib dibawa untuk Pengisian Data & Wawancara Clearance Test:

1. Pas Foto terbaru berlatar belakang warna merah 3 x 4 (3 lembar) & 4 x 6 (3 lembar)
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Surat Keterangan Penduduk : Asli dan Fotokopi rangkap 2
3. Kartu Keluarga (KK) : Asli dan Fotokopi rangkap 2
4. Akte Kelahiran : Asli dan Fotokopi rangkap 2
5. Kartu Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP) : Asli dan Fotokopi rangkap 2 (bagi yang memiliki)
6. Ijasah SD s/d Pendidikan Terakhir : Asli dan Fotokopi rangkap 2
7. Transkrip Nilai Pendidikan Sarjana  : Asli dan Fotokopi rangkap 2
8. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari POLRES yang masih berlaku : Asli dan Fotokopi rangkap 2
9. Sertifikat Nilai TOEFL yang masih berlaku : Asli dan Fotokopi rangkap 2
10. Sertifikat Keahlian (apabila ada) : Asli dan Fotokopi rangkap 2
11. Piagam Penghargaan (apabila ada) : Asli dan Fotokopi rangkap 2
12. Surat Keterangan Kerja (apabila ada) : Asli dan Fotokopi rangkap 2
13. Surat Keterangan Bebas Narkoba : Asli dan Fotokopi rangkap 2
14. Surat Pernyataan yang diberi materai dan telah ditanda tangani : Asli dan Fotokopi rangkap 2
15. Daftar Riwayat Hidup format Pindad yang telah dilengkapi : Asli dan fotokopi rangkap 3

Pengisian data clearance test meliputi pengisian data pribadi, data keluarga, data riwayat hidup (sama kaya pengisian biodata untuk perusahaan pada umumnya sih). Tapiiii... setelah beres pengisian kita akan diberikan lembaran soal yang harus di jawab sesuai dengan pengetahuan kita, tidak dibuat-buat dan harus spontan. (itu sih kata panitianya hehehehe). Isi soalnya meliputi wawasan kebangsaan, pendapat pribadi mengenai suatu kasus, pendapat mengenai ideologi negara kita, pendapat mengenai UU, dan ya tidak ada jawaban salah dan benar. Kuncinya sering-sering baca berita dan melek kondis terkini di negara kita tercinta sih.
Saya kira pengisian nya tidak akan membutuhkan waktu lama ternyata tidak terasa saya mengisi soal dari jam 09.00 dan baru bisa beres jam 11.40. Amaaaziiiing......hahahaha (memang rata-rata semua peserta juga gitu sih).

Setelah tahap pengisian data clearance test beres, tahap selanjutnya adalah wawancara clearance test. Dan jadwalnya adalah jam 17.00. (nunggunya lumayan lama bos....). Hasil obrolan dengan peserta lainnya, katanya wawancara clearance test itu akan membahas jawaban kita tadi pada saat pengisian soal clearance test. Jadi nanti akan dicocokan antara jawaban yang ditulis dengan yang nanti akan dijelaskan. Dan siapkan skill bahasa inggris mu kawan, minimal bisa perkenalan diri deh, ya masa TOEFL tinggi tapi tidak bisa perkenalan diri. Kebetulan pewawancara saya adalah ibu-ibu, dan di awal sesi saya sudah diminta bikin email (ditulis) dalam bahasa inggris. (mantaaap....padahal ngafalin nya kan introducing hahaha). Alhamdulillah isi di emailnya cukup bikin ibunya seneng karena sopan dan bagus katanya. (gue gituloh... hahaha). Selanjutnya mulai ngebahasa soal-soal yang tadi dijawab, ditanya alasannya kenapa menjawab seperti itu, lalu debat mengenai pandangan menurut si ibu pewawancara, dan usahakan kita harus teguh pendirian, dan jangan mau kalah hahahaha. Tapi jika memang dirasa salah tetap akui, dan jelaskan mengapa kita beranggapan seperti itu. Selama wawancara alhamdulillah ibunya juga kooperatif, maksudnya beliau juga mendebat tapi santun dan sesekali kita ketawa bareng. Satu jam setengah tak terasa, dan akhirnya beliau memberikan izin dan menutup sesi wawancara. Alhamdulillah saya sih menganggap wawancaranya berjalan lancar. Intinya tenang dan jangan panik.


Setelah semua tahap terlewati, dan akhirnya saya sampai di tahap akhir yaitu, tahap menunggu konfirmasi lagi dari panitia huhuhuhuhuuu...........
Sampai sekarang belum ada info atau apapun dari tim panitia, ya mungkin memang belum rezekinya hehehe. Tapi setidaknya saya sudah bangga bisa lolos sampai sejauh itu dan mengalahkan beribu-ribu saingan. hihihihi.
Intiya tetap bersyukur dengan apapun yang kita hadapi, dan tetap yakin rezeki itu selalu datang tidak terduga-duga.

Mungkin hanya sampai tahap tersebut saya bisa sharing pengalaman saya. Jika ada kawan-kawan yang sudah  lolos dari tahap di atas dan mungkin bisa lolos dan diterima menjadi pegawai, bisa share di komen yaaa...

Tetap semangat para pejuang BUMN...

See you again....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar