Breaking

Senin, 11 November 2019

Microsoft Office Sebagai "Kebutuhan Pokok" Dalam Kehidupan Sehari-hari

Berbicara kembali mengenai Microsoft Office, sepertinya lumrah dikatakan jika dewasa ini Microsoft Office menjadi kebutuhan pokok yang sangat penting dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Baik itu dalam menunjang kegiatan pekerjaan di perkantoran, pekerjaan di bidang proyek, pekerjaan di bidang perdagangan, bahkan bisnis online sekalipun. Saking banyaknya manfaat yang bisa didapat dengan hadirnya Microsoft Office banyak kalangan yang mulai belajar untuk bisa mengoperasikan Microsoft Office sesuai bidang dan kebutuhan yang dihadapi setiap individu.
Tapi.......... apa saja sih kegunaan dari setiap program yang disajikan Microsoft Office itu? Apakah kita sudah menggunakan setiap fasilitas tersebut dengan maksimal? Sepertinya belum deh, hmmm sudah kuduga (hehehe).
Untuk mempermudah pemahaman tentang fasilitas apa saja yang bisa kita pergunakan  dari setiap program Microsoft Office ini, berikut saya jelaskan sedikit mengenai kegunaan setiap program yang ada di Microsoft Office, walaupun tidak detail semoga dapat membantu kawan-kawan sekalian dalam memahami fasilitas-fasilitas yang ada di Microsoft Office. Lets check this out!!!

1. Microsoft Word
Siapa yang biasa nulis surat? Siapa yang hobinya bikin cerpen? Siapa yang hobinya ngegalau terus bikin curhatan? Hehehe. Untuk sebagian orang yang punya hobi dan kebiasaan di atas  kamu wajib tahu kegunaan Microsoft Word ini. 
Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, namanya cukup dinamakan Word. (sumber : Wikipedia)
Dari pengertian dan penjelasan singkat diatas kita bisa tahu jika Microsoft Word adalah salah satu fasilitas/program dari Microsot Office yang berfungsi untuk mengolah kata dalam bentuk lembar kerja. Penggunaan Microsoft Word saat ini sudah sangat beragam diantaranya untuk membuat surat (resmi maupun tidak resmi), membuat laporan di perkantoran, membuat laporan di sekolah, membuat skripshit (eh maaf maksudnya skripsweet, eh skripsi), dan banyak lagi kegunaan lainnya jika kita bisa memaksimalkan penggunaannya.
Berikut adalah tampilan lembar kerja kosong dari Microsoft Word :
Sumber : Pribadi
Bisa kita lihat pada gambar tampilan diatas lembar kerja kosong (Blank Page) Microsoft Word. Nah di lembar kerja tersebut kamu bebas menuangkan apapun (ceilee menuangkan), membuat surat, membuat laporan, menulis curhatan, menulis doa-doa, menulis harapan, ataupun menulis daftar mantan (hehehehehehe.......).
Fungsi lain dari Microsoft Word bisa bikin desain gambar. Maksud ELLLL....? Yaap, jangan kaget, Microsoft Word juga bisa dialihkan fungsikan sebagai program untuk membuat desain gambar. Seperti gambar desain pintu di bawah ini saya buat menggunakan Microsoft Word (berhubung kepepet karena tidak mahir menggunakan Program Autocad...huhuu sedih)

Sumber : Pribadi

2. Microsoft Excel
Program selanjutnya dari Microsoft Office adalah Microsoft Excel. Program atau Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang. Atau  lebih gampangnya Microsoft Excel adalah program yang biasa digunakan untuk mengolah angka, dari mulai penjumlahan, pengurangan, dan lain-lain. Selain itu kegunaan lain dari Microsoft Excel diantaranya pembuatan bagan, pembuatan form, pembuatan grafik, pembuatan struktur organisasi, dan lain-lain. Semua fitur yang ada di Microsoft Excel sangant mempermudah kegiatan kita sehari-hari dari mulai kegiatan perkantoran, kegiatan pembukuan, baik pribadi maupun non pribadi.

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tetapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac. (sumber : Wikipedia)

Berikut adalah tampilan lembar kerja kosong dari Microsoft Excel :
Sumber : Pribadi

Bisa kita lihat pada lembar kerja kosong diatas terdapat kotak-kotak kecil yang memenuhi lembar kerja tersebut, kotak-kotak kecil yang memanjang dari atas ke bawah disebut Column (Kolom), sedangkan kotak-kotak kecil yang memanjang dari kiri ke kanan disebut Row (Baris).
Dalam setiap kembar kerja baru akan ada 3 sheet kosong (Sheet 1, Sheet 2 , Sheet 3 lihat pada pojok kiri bawah gambar). Dalam lembar kerja tersebut kita mulai bisa menulis apapun yang kita inginkan, misal membuat daftar nama, membuat daftar nilai, ataupun daftar hutang.. eh.
Kegunaan lain dari Microsoft Excel adalah membuat Dashboard dengan tampilan interaktif (biasanya dipakai pekerja kantoran). Lalu bagaimana sih maksudnya Dashboard itu? Berikut saya tampilkan Dashboard interaktif yang pernah saya buat. (mohon maaf produk disamarkan hehehehe)
Sumber : Pribadi

Itu dia dua contoh program/fasilitas yang diberikan oleh Microsoft Office yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Bagaimana, sudah puas? Atau masih penasaran sama program lain dan fasilitas lain yang diberikan Microsoft Office? Tenang masbro, mbabro saya akan bahas di postingan selanjutnya. Harap bersabar ya kawan-kawan... Mhehehehe


2 komentar:

  1. kalo saya biasa pake microsoft word buat nulis nama mantan, Mas. Kadang 1 lembar kerja aja ga cukup wkwkwk (becandaa) Oh iya sama satu lagi, nulis anggaran belanja bulanan juga hehehe. TFS masnyaaa, ditunggu postingan selanjutnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, mantan nya seabreg ya mba hihihi. Jangan lupa anggaran liburan jga mba biar ga panik. Oke mba, terima kasih :)

      Hapus